Ilmuwan Mencari Tanda Kehidupan di Exoplanet yang Baru Ditemukan

Peneliti akan mencoba menentukan apakah ada jejak kehidupan di sekitar bintang selain Matahari kita.

Menelusuri jejak kehidupan di Mars, seperti yang dilakukan NASA, adalah satu hal.

Tetapi para ilmuwan juga mencari lebih jauh. Mungkinkah itu ditemukan di luar tata surya kita?

Sebuah studi yang diterbitkan pada hari Kamis di jurnal bergengsi Science mengungkapkan penemuan planet ekstrasurya baru yang bisa berperan dalam perburuan.

Peneliti akan mencoba menentukan apakah ada atmosfer di "super-Earth" dan jejak kehidupan di sekitar bintang selain Matahari kita.

“Ujung jalan adalah menemukan biomarker atau biosignatures di atmosfer exoplanet, yang merupakan tanda kehidupan di planet mirip Bumi yang bisa dihuni,” kata Jose Caballero, astronom di Centro de Astrobiologia Spanyol dan salah satu penulis pendamping dari belajar.

Sekitar 4.000 exoplanet telah ditemukan selama 25 tahun terakhir dan beberapa telah ditemukan memiliki atmosfer.

Tapi ini adalah "planet gas atau planet es," kata Caballero kepada AFP, dan planet seukuran Bumi belum diselidiki.

Penemuan terbaru membuka kemungkinan bagi para peneliti untuk mempelajari planet ekstrasurya yang "berbatu di alam, seperti Bumi ," katanya.

Nama planet ekstrasurya tersebut adalah Gliese 486b dan jaraknya "hanya" 26 tahun cahaya.

Ukurannya sekitar 30 persen lebih besar dari Bumi tetapi dengan massa 2,8 kali massa planet kita dan terletak di daerah yang disebut zona layak huni di sekitar bintang.

Untuk mengidentifikasinya, para peneliti menggunakan dua metode: "fotometri transit" - sedikit variasi dalam kecerahan bintang saat planet melintas di depannya - dan "kecepatan radial Doppler", yang mengukur "goyangan" bintang dari tarikan gravitasi yang mengorbit. planet.

'Harus dimulai dengan sesuatu'

Karena Gliese 486b sangat dekat dengan bintangnya, Gliese 486, hanya dibutuhkan waktu kurang dari 1,5 hari untuk menyelesaikan orbitnya.

"Kami mensurvei sekitar 350 bintang katai merah kecil untuk mencari tanda-tanda planet bermassa rendah," kata Trifon Trifonov, seorang peneliti di Institut Astronomi Max Planck dan penulis utama studi yang melibatkan kontribusi dari lima benua.

Trifonov mengatakan Gliese 486b tidak layak huni dengan suhu berkisar sekitar 430 derajat Celcius.

"Kedekatannya dengan katai merah Gliese 486 memanaskan planet secara signifikan, membuat lanskapnya panas dan kering, diselingi dengan gunung berapi dan sungai lava yang bercahaya," kata Trifonov.

Pada saat yang sama, Caballero berkata "jika planet kita memiliki atmosfer, maka planet mana pun yang terpisah lebih luas (dari bintangnya), dan dengan karakteristik planet yang kurang lebih sama ... juga akan memiliki atmosfer."

Jika tidak memiliki atmosfer maka planet lain di orbit juga tidak akan dapat dihuni.

"Kami harus memulai dengan sesuatu," kata Caballero.

Trifonov mengatakan Gliese 486b adalah "penemuan luar biasa, yang kemungkinan akan menjadi 'Batu Rosetta' untuk penyelidikan atmosfer dari exoplanet berbatu."

Dia dengan cemas menunggu penyebaran Teleskop Luar Angkasa James Webb akhir tahun ini.

Ini seharusnya memungkinkan para peneliti untuk memberi tahu tidak lebih awal dari tiga tahun dari sekarang apakah planet ekstrasurya memiliki atmosfer dan komposisinya.

Dan akhirnya, dalam beberapa dekade, untuk mengetahui apakah ada jejak kehidupan, kata Caballero. [nd]

Jangan lupa Follow untuk mengikuti update terbaru dari REO News yang berisi info unik dan update, contohnya seperti Ilmuwan Mencari Tanda Kehidupan di Exoplanet yang Baru Ditemukan.